Pengertian Alur Beserta Jenis Dan Unsurnya Lengkap

Pengertian Alur Beserta Jenis Dan Unsurnya Lengkap

Pengertian Alur Beserta Jenis Dan Unsurnya Lengkap – Di dalam suatu cerita pastinya kita akan mendapat beberapa bagian-bagian yang telah tersusun dengan baik sehingga kita akan dapat dengan mudah memahami apa yang ada dia dalamnya.

Dalam suatu cerita, kita harus dapat mengerti dan juga memahami tentang apa cerita itu atau kita tidak dapat mengerti cerita apa itu. Maka dari itu di perlukan perhitungan yang baik dan pas sesuai dengan takaran bagaimana kita dapat memahaminya.

Pengertian Alur Beserta Jenis Dan Unsurnya Lengkap

Alur cerita yang baik akan dapat memberikan kita kualitas melihat cerita dengan baik dan dapat memahaminya dengan cepat. Untuk dapat mengerti tentang apa itu alur akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Alur

Alur merupakan suatu struktur rangkaian atas kejadian-kejadian did alam suatu cerita dengan di susun secara kronologis. Alur merupakan suatu rangkaian di cerita dari awal cerita hingga akhir cerita. Alur dapat megatur bagaimana tindakan-tindakan yang terdapat di dalam cerita harus dapat berkaitan satu dengan lainnya seperti pada bagaimana peristiwa dapat saling berkaitan antar peristiwanya. Begitupun tokohnya yang saling berperan sesuai dengan apa yang di gambarkan di dalam alur tersebut yang berkaitan dengan satu waktu.

Jenis-Jenis Alur

Alur memiliki beberapa jenis yang diantaranya adalah:

1. Alur Maju

Alur maju merupakan alur yang menampilkan peristiwa secara kronologis dengan cara maju terus dengan berurutan dari awal hingga akhir. Pada umumnya alur ini sering di gunakan oleh para penus pemula dengan pembuatan cerita yang memakai alur ini maka akan dapat terbangun suatu kebiasaan untuk merka karena ketika menggunakan alur ini tidak akan sulit di dalam mengarang ceritanya.

Alur ini pada umumnya merupakan alur yang paling mudah untuk di pahami karena cerita ini biasanya untuk anak-anak. Akan tetapi tidak hanya itu alur ini juga dapat bercerita serius seperti dalam bentuk drama dan sebagainya.

2. Alur Mundur

Alur mundur ini merupakan alur yang bercerita mundur dengan maksud yaitu alur yang bercerita di mulai dengan penyelesaian. Alur jenis ini umumnya dapat di temui pada suatu cerita yang menggunakan settingan waktu pada masa lampau. Penulis yang menggunakan alur jenis ini di harapkan dapat pintar dalam penyusunan ceritanya agar tidak membuat para pembacanya kebingungan nantinya.

3. Alur Campuran

Alur campuran ini merupakan alur yang di awali dengan cerita klimaksnya yang akan berangsung melihat masa lalunya atau pada masa lampau dan di akhir ceritanya akan di akhiri dengan penyelesaian cerita. Alur jenis ini akan dapat mudah di pahami apa bila si pengarang dapat mengerti bagaimana cara mengatur plot yang baik.

Unsur-Unsur Alur

Alur memiliki beberapa unsur yang diantaranya adalah:

1. Pengenalan Cerita

Di dalamnya terdapat pengenalan pengarang, tokoh, cerita, dan sebagainya.

2. Awal Konflik

Di dalamnya terdapat bebrapa bagian-bagian yang ada dia dalam cerita yang akan dapat menimbulkan permasalahan.

3. Menuju Konflik

Di dalamnya akan di tingkatkan permasalahan yang di alami si tokoh.

4. Konflik Memuncak atau Klimaks

Di dalamnya terdapat inti dari permasalahan yang di hadapi oleh si tokoh.

5. Penyelesaian atau Ending

Di dalamnya menjelaskan bagian akhir dari si tokoh bagaimana kehidupan selanjutnya.

Baca juga artikel lainnya:

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Alur Beserta Jenis Dan Unsurnya Lengkap yang di jelaskan oleh jelajahinternet. Semoga bermanfaat