Pengertian Transaksi Beserta Jenis Transaksi Lengkap

Pengertian Transaksi Beserta Jenis Transaksi Lengkap

Posted on

Pengertian Transaksi Beserta Jenis Transaksi Lengkap – Setiap orang pasti pernah melakukan suatu pertukaran barang atau jual beli barang yang di lakukan kepada seseorang atau kepada suatu perusahaan tertentu.

Pertukaran tersebut di cacat dan menjadi bukti telah melakukan pertukaran barang atau jasa dengan orang tersebut. pertukarang yang di lakukan oleh orang itu dapat di namakan dengan transaksi. Transaksi dapat di lakukan dengan media barang atau jasa sesuai dengan keinginan.

Pengertian Transaksi Beserta Jenis Transaksi Lengkap

Transaksi dapat berjalan ketika di lakukan oleh kedua belah pihak menyetujui transaksi atau pertukaran tersebut. Untuk dapat mengerti tentang apa itu transaksi dengan jenisnya lengkap akan di jelaskan sebagai berikut:

Pengertian Transaksi

Transaksi merupakan suatu bentuk aktivitas dapam perusahaan yang dapat menimbulkan dampak perubahan posisi harta keuangan yang di miliki perusahaan, hal ini seperti ketika membeli, menjual, membayar iuran, membayar gaji, dan yang lainnya.

Setiap transaksi yang di lakukan oleh perusahaan akan di catat oleh bagian administrasi transaksi. Administrasi transaksi memiliki kegiatan untuk dapat mencatat segala bentuk trnsaksi yang mengubah keuangan dari perusahaan dengan cara kronologis, yang menggunakan metode tertentu hinggu  dapat hasil catatan dan dapat di berikan kepada pihak lain seperti atasannya.

Jenis Transaksi

Jensi transaksi yang umum terjadi memiliki dua jenis yang di antaranya adalah:

Transaksi Internal

Transaksi internal ini merupakan transaksi yang terjadi dengan melibatkan bagian yang ada di dalam perusahaan saja, dengan lebih menekankan perubahan dari posisi keuangan yang terjadi diantara bagian yang ada di dalam suatu perusahaan seperti pada perubahan harta kekayaan karena penyusutan, memo pimpinan kepada orang yang di tunjuknya, dan seperti pemakaian perlengkapan kantor. Ini juga di artikan sebagai bukti atas kejadian yang di lakukan oleh bagian dalam perusahaan itu sendiri seperti ketika penghapusan utang usaha, alokasi dari beban, dan hal-hal lainnya.

Transaksi Eksternal

Transaksi eksternal ini merupakan trnasaksi yang terjadi dengan melibatkan pihak yang berasal dari luar perusahaan. Transaksi ini seperti melakukan pembayaran hutang perusahaan, melakukan penjualan dan yang lain-lain.

Bukti Transaksi

Di dalam melakukan suatu transasaksi pastinya memerlukan bukti untuk dapat menjadi alat bantu untuk menukkan bahwa telah benar terjadi suatu transaksi. Ini juga bertujuan untuk dpat menghindari terjadinya sengketa di kemudian hari. Bukti ini di bedakan menjadi dua yaitu:

Bukti Transaksi Internal

Bukti transaksi ini merupakan bukti pencatatan di dalam suatu perusahaan tersebut. Yang pada umumnya berupa memo yang berasal dari pimpinan atau kepada orang yang di tunjuknya.

Bukti Transaksi Eksternal

Bukti transaksi ini merupakan pencatatan bukti dengan pihak luar dari perusahaan.

Baca Juga>>

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Transaksi Beserta Jenis Transaksi Lengkap yang di jelaskan oleh jelajahinternet. Semoga bermanfaat