Pengertian Bank Sentral Dan Bank Umum Dengan Fungsinya Lengkap

Pengertian Bank Sentral Dan Bank Umum Dengan Fungsinya Lengkap

Posted on

Pengertian Bank Sentral Dan Bank Umum Dengan Fungsinya Lengkap – Dalam mengumpulkan uang atau menabung, anggota masyarakat pastinya ingin untuk uang yang di milikinya aman dari incaran orang lain atau terhindar dari sesuatu hal yang tidak di inginkan.

Untuk itu masyarakat membutuhkan tempat penitipan uang yang aman untuk dapat merasa lega meninggalkan uang mereka. Maka sebagaian orang memiliki ide dan mulai menabung atau menyimpan uang mereka di bank terdekat.

Pengertian Bank Sentral Dan Bank Umum Dengan Fungsinya Lengkap

Bank yang biasa orang mengumpulkan uangnya dan menyimpannya memiliki dua jenis yaitu bank sentral dan bank umum. Untuk dapat mengerti tentang apa itu bank sentral dan bak umum akan di jelaskan sebagai berikut:

Pengertian Bank Sentral

Bank sentral adalah merupakan suatu badan yang mengelola keuangan milik Negara dan telah di berikan tanggung jawab untuk dapat mengatur keuangan dan dapat menjamin berbagai kegiatan dari badan-badan keuangan untuk dapat menciptakan tingkat ekonomi yang berjalan dengan stabil.

Fungsi Bank Sentral

Bank sentral memeiliki fungsinya di dalam mengurus keuangan yang diantaranya adalah :

1. Dapat mencetak dan juga mengedarkan uang berbentuk kertas dan logam

Pemerintah memberi izin kepada bank ini untuk dapat mencetak uang, tujuan di berikannya kekuasaan ini adalah untuk dapat menjamin adanya uang kas yang tersedia untuk dapat menjadi lalu lintas pembayaran dengan lebih efisien.

2. Dapat memelihara cadangan di bank umum

Tudas ini bertujuan untuk dapat mengatur volume uang yang telah ada dan beredar dan dapat mempermudah proses pembayaran dengan menggunakan system clearing.

3. Dapat menjadi pemegang kas dan juga menjadi penasihat keuangan dari pemerintah

Bank ini dapat menyimpan uang yang di miliki pemerintah dan dapat pula membantu memperlancar segala kegiatan mengenai keuangan pemerintah dengan cara membantu di dalam penerimaan dan pada hal pembayaran.

Pengertian Bank Umum

Bank umum merupakan bentuk lembaga keungan yang adapt menerima deposito dan juga simpanan yang berasal dari masyarakat ataupun depositor untuk di bayarkan atau di setorkan ke bank dengan permintaan dan memberikan kredit dan juga jasa di dalam lalu lintas pembayaran yang ada atau di dalam mengedarkan uang tersebut.

Bank umum menurut UU No. 7 tahun 1992 tentang perbankan mengartikan bahwa bank umum merupakan suatu bank yang di dalam melaksanakan kegiatan usahanya di lakukan dengan cara yang konvensional atau yang telah berdasar kepada prinsip syariah di dalam kegiatannya dan dalam memberikan jasa yang ada di dalam lalu lintas pembayarannya.

Fungsi Bank Umum

Bank umum memiliki fungsi sebagai berikut:

  1. Dapat memberi jasa dan dapat memperlancar dan juga mempermudah dalam berlalu lintas pembayaran uang
  2. Dapat mengumpulkan dana yang akan di gunakan untuk kepentingan orang lain karena uang tersebut menganggur ataupun membeli surat berharga. Bank yang berseifat komersial akan berusaha sebaik mungkin untuk mengumpulkan dana yang ada di masyarakat yang tidak di gunakan atau dalam waktu tertentu masih mengaggur atau yang belum akan di pakai untuk dapat di pinjamkan ke orang lain yang membutuhkan pinjaman dana tersebut.

Baca Juga>>

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Bank Sentral Dan Bank Umum Dengan Fungsinya Lengkap yang di jelaskan oleh jelajahinternet. Semoga bermanfaat.