Pengertian Lahan Menurut Para Ahli Beserta Jenisnya Lengkap

Feb 12 2016 - 12:05pm jelajahinternet

Pengertian Lahan

Pengertian Lahan Menurut Para Ahli Beserta Jenisnya Lengkap– Dalam pertanian dan ekonomi, lahan merupakan semua sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan di atas, pada ataupun di bawah permukaan suatu bidang geografi. Namun dalam bahasa sehari-hari, orang meyebut lahan dengan arti “tanah”.

Namun dalam kenyataannya, sebuah lahan tidak selalu berupa tahan, sebab lahan dapat juga mencakup sebuah kolam, danau, rawa, atau juga lautan. Sesuai dengan yang dibahas, kandungan moneral dibawah permukaan lahan atau lokasi orbit geostasioner diatas suatu permukaan lahan dapat juga menjadi bagian dari sebuah lahan.

Yang mencakup sebuah lahan

  • Kolam

Kolam adalah perairan di daratan yang lebih kecil ukurannya daripada danau. Kolam terbentuk secara alami atau dapat dibuat manusia.

Pembatasan pasti yang membedakan danau dan kolam tidak pernah tuntas. Selain ada yang memberi kriteria berdasarkan luas, ada pula yang memberi kriteria berdasarkan kemampuan tembus cahaya ke dasar terdalam atau berdasarkan kealamiannya. Semua pembedaan itu selalu memiliki perkecualian. Suatu tubuh air yang terbentuk akibat bendung, meskipun berukuran kecil, akan disebut sebagai danau.

  • Rawa

Rawa adalah lahan genangan air secara ilmiah yang terjadi terus-menerus atau musiman akibat drainase yang terhambat serta mempunyai ciri-ciri khusus secara fisika, kimiawi dan biologis. Di Indonesia, rawa – rawa biasanya terdapat di Hutan.

Definisi yang lain dari rawa adalah semua macam tanah berlumpur yang terbuat secara alami, atau buatan manusia dengan mencampurkan air tawar dan air laut, secara permanen atau sementara, termasuk daerah laut yang dalam airnya kurang dari 6 m pada saat air surut yakni rawa dan tanah pasang surut.

Rawa-rawa , yang memiliki penuh nutrisi, adalah gudang harta ekologis untuk kehidupan berbagai macam makhluk hidup. Rawa-rawa juga disebut “pembersih alamiah”, karena rawa-rawa itu berfungsi untuk mencegah polusi atau pencemaran lingkungan alam. Dengan alasan itu, rawa-rawa memiliki nilai tinggi dalam segi ekonomi, budaya, lingkungan hidup dan lain-lain, sehingga lingkungan rawa harus tetap dijaga kelestariannya.

  • Danau

Danau adalah sejumlah air (tawar atau asin) yang terakumulasi di suatu tempat yang cukup luas, yang dapat terjadi karena mencairnya gletser, aliran sungai, atau karena adanya mata air. Biasanya danau dapat dipakai sebagai sarana rekreasi, dan olahraga.

Contoh Lahan

Contoh Lahan

Pengertian Lahan Menurut Para Ahli Beserta Jenisnya Lengkap

Danau adalah cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air bisa tawar ataupun asin yang seluruh cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan.

Kebanyakan danau adalah air tawar dan juga banyak berada di belahan bumi utara pada ketinggian yang lebih atas. Sebuah danau periglasial adalah danau yang di salah satunya terbentuk lapisan es, “ice cap” atau gletser, es ini menutupi aliran air keluar danau.

  • Samudra

Samudra atau lautan adalah laut yang luas dan merupakan massa air asin yang sambung-menyambung meliputi permukaan bumi yang dibatasi oleh benua ataupun kepulauan yang besar.

Ada lima samudra di bumi yaitu:

  1. Samudra Antarktika / Lautan Selatan
  2. Samudra Arktik
  3. Samudra Atlantik
  4. Samudra Hindia
  5. Samudra Pasifik / Lautan Teduh

Samudra meliputi 71% permukaan bumi, dengan area sekitar 361 juta kilometer persegi, isi samudra sekitar 1.370 juta km³, dengan kedalaman rata-rata 3.790 meter. (Perhitungan tersebut tidak termasuk laut yang tak berhubungan dengan samudra, seperti Laut Kaspia).

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Lahan Menurut Para Ahli Beserta Jenisnya Lengkap Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca JelajahInternet.Com 😀

Baca Juga