101 Pengertian Tanaman Menurut Para Ahli Beserta Jenisnya Lengkap

Jan 27 2016 - 1:18pm jelajahinternet

101 Pengertian Tanaman Menurut Para Ahli Beserta Jenisnya Lengkap-Pada kenyataannya, hampir semua tanaman adalah tumbuhan, namun dalam definisi tanaman tertutup juga beberapa jamur (jamur, seperti jamur kancing dan jamur) dan ganggang (memproduksi gelatin dan nori) yang sengaja dibudidayakan untuk kepentingan nilai ekonomi. Tanaman “sengaja” ditanam, sedangkan tanaman adalah sesuatu yang muncul atau tumbuh dari permukaan bumi.

Pengertian Tanaman

Di bidang pertanian, tanaman adalah beberapa jenis organisme yang dibudidayakan di ruang atau media yang akan dipanen ketika mereka mencapai tahap tertentu pertumbuhan. Pemahaman ini dibedakan dari penggunaan awam bahwa tanaman sama dengan tanaman.

Tanaman yang “tidak ada panen” masih disebut tanaman jika ditunjuk sebagai estetika dalam lansekap dan lansekap arsitektur, seperti bunga.

Tanaman pertanian utama yang dibudidayakan di seluruh dunia, yaitu gandum, jagung, beras, kentang, tebu, kedelai, dan sebagainya.

Pengertian Tanaman Menurut Para Ahli

  • Menurut Mosher (1966)

Pertanian adalah bentuk khas produksi, didasarkan pada pertumbuhan tanaman dan hewan. Petani mengelola dan merangsang pertumbuhan tanaman dan hewan di sebuah peternakan, di mana aktivitas bisnis adalah produksi, sehingga biaya dan pendapatan yang sangat penting.

  • Menurut Van Aartsen (1953)

Pertanian adalah kegiatan manusia yang digunakan untuk mendapatkan hasil yang berasal dari tumbuhan atau hewan yang awalnya dicapai dengan sengaja meningkatkan kemungkinan yang telah diberikan oleh alam untuk berkembang biak tanaman atau hewan.

  • Menurut Mosher

Pertanian adalah bentuk khas produksi, didasarkan pada pertumbuhan tanaman dan hewan.

  • Menurut Word Bank

Pertanian adalah pengguna air terbesar yang telah memberi kontribusi pada kelangkaan sepeda air. Pertanian merupakan salah satu aktor utama dalam penipisan tanah air, pencemaran agrokimia, kelelahan tanah, dan perubahan iklim global, serta memberikan kontribusi hingga 30% dari emisi gas rumah kaca.

Tanaman

Tanaman

Menurut kelompok produknya

  • Serealia, tanaman pangan utama penghasil biji-bijian
  • Kacang-kacangan
  • Tanaman buah, penghasil buah-buahan
  • Tanaman sayuran, penghasil sayur-mayur
  • Tanaman industri, penghasil bahan baku industri (pewarna, karet, dan sebagainya)
  • Tanaman rempah, penghasil rempah-rempah
  • Tanaman umbi-umbian, penghasil umbi yang dapat dimakan
  • Tanaman serat, untuk menghasilkan serat yang digunakan untuk keperluan tertentu, seperti pembuatan tekstil dan kertas
  • Tanaman obat-obatan
  • Tanaman penghasil minyak atsiri

Jenis-Jenis Tanaman

  • Serealia

Biji-bijian sereal yang dihasilkan dari keluarga tanaman Poaceae. Biji-bijian yang diproduksi, botanikal buah disebut caryopsis terdiri dari endosperm, kuman dan dedak. Sereal alami adalah makanan dengan padat gizi karena mengandung vitamin, mineral, lemak, dan protein. Pengertian Tanaman Menurut Para Ahli Beserta Jenisnya

Namun, pengolahan oleh industri makanan untuk menyingkirkan dedak dan kuman, hanya menyisakan endosperm hanya untuk konsumsi manusia.Di negara berkembang, sebagian besar kalori yang berasal dari sereal. Sementara di negara-negara maju, konsumsi sereal dalam persentase kurang dari negara-negara maju, tapi masih mayoritas.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah nama untuk butir yang relatif lebih besar dari sereal dan digunakan untuk makanan bagi manusia dan ternak. Kacang umumnya diperoleh dari keluarga tanaman Fabaceae. Namun kacang dipanen muda kacang polong, buncis dan kacang edamame tidak disebut dalam definisi FAO.

Kacang mengandung banyak serat makanan dalam satu cangkir kacang dimasak mengandung 9-13 gram serat. Serat makanan larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Kacang juga mengandung protein, karbohidrat kompleks, folat, dan zat besi.

  • Tanaman sayuran

Sayuran merupakan bagian dari tanaman yang dapat dimakan mentah atau dimasak. Bagian dari tanaman yang dimaksud adalah bahwa selain buah-buahan dan biji matang. Definisi sayuran sebagian besar merupakan definisi kuliner dan budaya, sehingga akan ada sayuran lain diklasifikasikan oleh ahli botani. Misalnya mentimun disebut sebagai sayuran kuliner, tetapi botanikal disebut buah. Jamur yang secara biologis tidak tanaman, disebut budaya sayuran.

Sayuran sering diolah menjadi salad dan dimasak sebagai makanan dengan rasa gurih atau asin. Tidak seperti buah selalu disajikan dalam bentuk rasa manis, tapi ini tidak universal aturan yang berlaku. Umbi-umbian seperti kentang dan singkong di berbagai negara yang disebut sayuran tetapi ada juga mengklasifikasikan mereka ke dalam makanan pokok bersama dengan sereal.

  • Tanaman industri

Tanaman industri adalah tanaman yang tidak tumbuh subsisten. Tanaman ini ditanam untuk menghasilkan keuntungan saat dijual. Hasil tanaman ini dijual dalam bentuk komoditas dan terpisah dari budidaya tanaman lainnya. Karena komoditas tersebut dijual dalam bentuk skala besar, tanaman industri sangat rentan terhadap perubahan harga pasar dunia dan biaya distribusi. Dikutip dari: https://id.wikipedia.org/wiki/Tanaman dan http://www.budidayapetani.com/

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Tanaman Menurut Para Ahli Beserta Jenisnya Lengkap Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca JelajahInternet.Com 😀

Baca Juga